Tips Mendidik Anak untuk Mandiri

Post On: 21 November 2016
November 21, 2016

Tips Mendidik Anak untuk Mandiri

gemoscan.com – Setiap orangtua tentunya tak ingin kan jika melihat anak tercintanya nanti ada di dalam kesulitan, bahkan sedetik pun? Akan tetapi harus diingat selalu nih ya bahwasannya yang Anda lakukan hari ini adalah berguna bagi masa depan mereka, bahkan jua bagi Anda sendiri. Untuk itulah pada kesempatan baik kali ini kami akan berbagi tentang beberapa tips mudah dalam mendidik anak untuk mandiri. Mau tahu seperti apa sih tipsnya? Langsung saja simak pada ulasan di bawah ini.

Tips Mendidik Anak untuk Mandiri

Tips mudah mendidik anak untuk mandiri

Amati terlebih dulu

Sebagai orangtua yang baik bagi anak-anaknya kelak, Anda diharuskan untuk bisa mendahulukan mengamati terlebih dulu sebelum akhirnya memberikan bantuan. Anak Anda juga wajib tahu lho batasan dari kemampuan yang dimiliki dan mereka juga akan memberi tahukan kepada Anda apabila sudah siap melakukan suatu tugas perkembangan.

Menjadi sekutu bagi anak Anda

Silakan Anda beri bantuan sih anak yang sesuai dengan daya pikir, emosi, dan juga kemampuan usia sih anak itu sendiri. Bonnie Harris adalah seorang pengarang buku Confident Parents, Remarkable Kids yang telah menyarankan, “dibandingkan harus memaksa sih kecil untuk bisa membereskan mainannya, akan lebih baik jika mengajak dia untuk bermain, ‘bunda yang akan mengambil yang warananya merah, dan adik yang warna biru, ya”. Jangan lupa juga untuk memberikan pujian pada saat dia sudah berhasil dalam melakukan permintaan Anda.

Memilih waktu yang paling tepat

Minggu sore adalah salah satu waktu yang paling tepat sekali untuk mengajarkan cara menggosok gigi. Ajarkan saja teknik yang benar pada saat dia lagi santai, bukannya pada saat dia lapar atau malah sudah mengantuk.

Tahap demi tahap

Sih kecil ingin memasak? Ajarkan saja untuk memulai memasak yang paling sederhana, misalnya saja membuat roti panggang. Pastikan dia sudah paham konsep panas dan dingin, kapan harus mengoleskan margarine, dan kenapa margarine leleh bila terkenal panas.

Beri kendali

Ketika sih anak sudah mulai mahir dalam melakukan suatu hal, maka barikan saja dia suatu tanggung jawab. Bila dia butuh mengingat beberapa detail, ajarkan. Anak membutuhka untuk mencobanya sendiri dan bertanggung jawab.

Selalu dukung

ilmubahasainggris.com Pada saat dia sudah berulang kalinya mencoba tapi tetap gagal, tunjukkan dukungan Anda tanpa harus berlebihan. Kegagalan menjadikannya belajar bahwasnanya dia memiliki keterbatasan, yang kemudian akan mempengaruhinya tentang bagaimana dia membuat keputusan ketika menghadapi setiap masalah yang Anda. Sehingga dengan demikian anak Anda juga bisa lebih mandiri lagi.

Nah, itulah beberapa tips mendidik anak untuk mandiri yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Dengan tips tersebut maka anak Anda bisa lebih mandiri di usianya yang masih dini.

Baca Juga >>>

Related to Tips Mendidik Anak untuk Mandiri