Cara Sukses Menanam Cabe Agar Hasil Panen Melimpah

Post On: 26 November 2016
November 26, 2016

budidaya-cabe

Cara Sukses Menanam Cabe Agar Hasil Panen Melimpah

Gemoscan.Com –  Tentukan dahulu jenis cabe atau cabai yang akan ditanam, Lalu pilihlah bibit yang baik dalam kondisi segar, ambil biji benih cabe dari cabe dengan cara mengupasnya. Setelah biji dikeluarkan jemur biji benih hingga kering.

Penyemaian Bibit
Media penyemaian cabe bisa menggunakan polybag atau bedengan. Namun yang sering digunakan untuk menyemai adalah bedengan.

Jika media semai berupa bedengan, pertama buatlah bedengan, kemudian beri pupuk kandang atau juga bisa pupuk TSP secukupnya. Setelah itu taburkan biji benih pada bedengan lalu tutup bagian atasnya dengan gulma kering. Lakukan penyiraman setiap hari agar kelembaban bedengan terjaga.

http://www.faunadanflora.com Jika menggunakan polybag maka pilihlah polybag yang memiliki ukuran sekitar 30 cm lebih. Media tanamnya usahakan halus, untuk mendapatkan media tanam yang halus maka lakukan pengayakan. Setelah itu, campurkan media tanam dengan 3 sendok NPK untuk setiap polybag semai. Di dalam polybag jangan lupa diberi pecahan genteng, sabut kelapa atau pecahan sterofom agar air tidak menggenang perakaran tanaman.

Lahan Tanam Cabe
Lakukan pengolahan tanah pada lahan yang akan ditanami cabe , pertama gemburkan tanah dahulu dengan menggunakan cangkul atau di bajak serta bersihkan gulma atau tanaman penganggu lainnya. Setelah itu, buatlah bedengan dengan ukuran lebar 1 hingga 1,5 meter, tinggi sekitar 30 cm dengan panjang menyesuaikan lahan. Beri jarak antar bedengan sekitar 30cm-40 cm. Setelah bedengan jadi, buatlah lubang tanam dengan jarak antar lubang tanam sekitar 40cm-60cm.

Penanaman Cabe
Jika bibit cabe telah memiliki 4 helai daun, dan lahan sudah siap maka lakukan penanaman. Masukkan bibit dalam lubang tanam yang telah dibuat, kemudian timbun atau tutup dengan tanah kembali. Lakukan penanaman pada waktu yang tepat yaitu pada saat curah hujan tidak terlalu tinggi.

Perawatan Tanaman Cabe
Perawatan yang dilakukan pada tanaman cabe budidaya antara lain lakukan penyiraman setiap hari, lakukan penyiangan terhadap gulma, lakukan penyemprotan pestisida secara rutin, Lakukan pembuangan terhadap daun yang telah menguning, selain itu lakukan pemupukan baik menggunakan pupuk kandang/pupuk kompos atau pupuk TSP dan Urea yang diberikan secukupnya pada setiap tanaman cabe.

Pemanenan
Usia panen cabe tidak sama sejak tanam tergantung pada varietas serta lingkungan. Biasanya cabe yang dipanen adalah cabe yang memiliki warna merah atau juga bisa dilakukan pemanenan saat cabe masih hijau.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Cara Sukses Menanam Cabe Agar Hasil Panen Melimpah .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :

Related to Cara Sukses Menanam Cabe Agar Hasil Panen Melimpah