Anak Perlu Persiapan Psikologis Sebelum Sekolah

Post On: 27 March 2017
March 27, 2017

Anak Perlu Persiapan Psikologis Sebelum Sekolah

Gemoscan.Com – Sebelum memasuki jenjang sekolah dasar (SD), orang tua berupaya mempersiapkan kemampuan akademis putra-putrinya sejak dini. Anak-anak tersebut telah mendapatkan pelajaran membaca, menulis, dan berhitung. Padahal, ada hal yang tak kalah penting yang harus disiapkan. Yakni, perkembangan psikologis anak.

Hal tersebut disampaikan oleh Dosen Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Suhardianto. Menurutnya, kebanyakan orang tua terlalu terburu-buru mendidik putra-putrinya. Akhirnya mereka kurang memperhatikan perkembangan psikologis buah hatinya.

”Bahkan, masih usia 5 atau 6 tahun sudah disuruh sekolah,” tuturnya saat ditemui di sela workshop Strategi Memahami Kesiapan Anak Memasuki Sekolah di Ruang I 107 gedung pascasarjana Untag, kemarin (24/3).

Akibatnya, banyak anak yang secara akademis sudah siap. Tapi, secara psikologis belum matang. Sehingga, mereka tidak mampu menghadapi beban sekolah.

Misalnya, ketika mendapatkan tugas yang lebih besar dan lebih banyak dari sebelumnya. Anak yang belum matang perkembangan psikologisnya akan mudah putus asa. Mereka merasa tidak dapat menyelesaikan tugas tersebut.

Karena kasihan dengan sang anak, orang tua akhirnya mengalah dan membantu dengan mengerjakan tugas anak-anaknya hingga tuntas. Nah, di sini juga terjadi upaya pendidikan yang kurang baik. Ketika orang tua mengerjakan tugas sang anak, itu berarti mereka tidak mengajarkan kemandirian. Selanjutnya, anak-anak akan tergantung terus kepada orang tuanya.

Efek lainnya ketika di sekolah, siswa jadi takut menghadapi gurunya. Mungkin gurunya tidak galak, tetapi karena sering diberi tugas banyak, akhirnya anak menjadi takut. Begitu pula ketika mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari teman-temannya. Dia cenderung tidak bisa melindungi diri dari serangan itu. ”Terparah bisa menyebabkan phobia sekolah,” tegas anggota Departemen Pendidikan Fakultas Psikologi Untag itu.

Karenanya, persiapan psikologis juga menjadi faktor penting sebelum anak memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Orang tua bisa membantu mempersiapkan perkembangan anak dengan menerapkan pola asuh yang positif. Misalnya, ketika ada masalah tidak langsung menyalahkan anaknya. Tapi, mengajak mereka menyelesaikan problem tersebut. Juga, menghindari penggunaan kata-kata dan pelabelan yang negatif.

Hal senada juga disampaikan oleh Psikolog Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Dr Rismiati. Kesiapan yang dibutuhkan anak sebelum masuk sekolah yakni kematangan fisik meliputi motorik kasar dan motorik halus. Kemudian, kematangan mental atau kognitif, kematangan emosi, dan kematangan sosial.

Ada beberapa cara untuk mengetahui seberapa kemampuan dan kesiapan anak memasuki jenjang SD. Salah satunya dengan menjalani tes khusus yang dilakukan oleh seorang psikolog. ”Dengan tes ini, kemampuan siswa akan terdeteksi. Mereka yang siap secara akademik belum tentu siap mental, begitu pula sebaliknya,” terangnya.

Saat ini di www.pelajaransekolahonline.com/2017/08/rumus-skala-peta-dan-cara-menghitung-skala-pada-peta.html, beberapa sekolah telah menggunakan jasa seorang psikolog untuk mengetahui potensi siswa baru. Jika ada yang belum memenuhi rata-rata siswa yang sudah siap, akan dikembalikan untuk berlatih kembali. Sebab, kesiapan yang belum matang berdampak pada akademisnya. ”Misalnya tidak bisa membedakan huruf-huruf yang mirip, konsentrasinya juga kurang,” ungkapnya.

Sebenarnya, semua anak bisa dilatih dan dipersiapkan. Tinggal bagaimana orang-orang dewasa di sekitarnya memberikan pelajaran dan pemahaman. Sebaiknya, tidak memaksakan ketika anak belum siap. Harapannya, siswa yang telah matang secara akademis dan psikologis tidak kesulitan menerima pelajaran.

Demikian kira – kira sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Anak Perlu Persiapan Psikologis Sebelum Sekolah. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan juga menginspirasi Anda.

Baca Juga :

Related to Anak Perlu Persiapan Psikologis Sebelum Sekolah